Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Sebuah Denah Rumah Sederhana

Membeli tanah untuk dibangun rumah adalah sebuah investasi besar untuk masa depan. Maka dari itu harus kita lakukan dengan seksama dan penuh ke hati-hatian. Dengan besarnya jumlah uang yang akan anda pertaruhkan disini untuk membeli tanah dan membangun rumah, maka alangkah baiknya apabila anda membuat perhitungan secara seksama dan bijaksana dalam mengambil langkah. Hal ini bertujuan agar anda tidak merasa kecewa di kemudian hari. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan apabila kita ingin membangun rumah. Dan diantara sekian banyak hal untuk dipersiapkan sebelum anda mulai proyek pembangunannya, adalah membuat denah rumah sederhana. Anda bisa memulainya dengan membuat sketsa rumah seadanya llau sempurnakan sedikit demi sedikit untuk disesuaikan dengan keinginan anda. Dengan membuat denah rumah terlebih dahul, ada banyak manfaat yang bisa anda ambil, salah satunya adalah mempermudah anda dalam menentukan besaran biaya yang akan diperlukan. Perlu anda ketahui bahwa meskipun memiliki luas bangunan yang sama, bukan berarti biaya pembangunan rumah juga sama. Olah kerananya, saat membuat denah maka barulah anda akan mendapat perhitungan lebih jelas mengenai biaya yang diperlukan.

Hal yang pertama kita harus lakukan dalam membuat denah rumah sederhana adalah mengukur luasan tanah dimana kita akan membangun rumah di atasnya. Baik itu rumah sederhana ataupun rumah modern, setelah kita membuat denah rumah maka kita bisa membuat perhitungan mengenai seberapa luas bangunan yang kita ingin bangun. Ini bisa dibuat berdasarkan jumlah anggota keluarga kita. Semakin banyak anggota keluarga yang kita miliki maka semakin banyak dan besar ruangan yang kita butuhkan. Rumah sederhana pada umumnya terdiri dari satu ruang kamar tamu, satu ruang dapur yang bisa juga digabung dengan ruang makan, dua atau ruang tidur dan sebuah kamar mandi. Apabila anda memiliki lahan yang luas dan anda memiliki banyak anggota keluarga maka anda bisa membuat ruangan lainnya secara horizontal tetapi apabila lahan anda kecil maka anda tidak ada pilihan lain kecuali membuat ruang tidur tambahan di loteng rumah anda dan tentunya ini butuh lebih banyak lagi dana tambahan.

Saya sarankan apabila memungkinkan cantumkan ruang terbuka di denah rumah sederhana anda. Artinya bila memungkinkan jangan habiskan lahan untuk bangunan rumah anda sehingga anda masih memiliki lahan terbuka entah itu di depan, samping atau belakang rumah. Lahan terbuka ini bisa bermanfaat sebagai tempat kita menanam pohon atau tumbuh-tumbuhan supaya rumah anda terlihat lebih hidup dan asri. Paling tidak anda bisa menggunakan lahan terbuka ini untuk tempat menjemur pakaian. Memang harus kita akui bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk membuat denah rumah sederhana akan tetapi ini tidak lantas berarti kita tidak bisa membangun rumah karena masih ada banyak cara untuk memiliki denah rumah sederhana milik anda sendiri. Yang pertama anda bisa menyewa jasa konsultan atau arsitek untuk membuat denah rumah bagi anda. Tentu saja arsitek atau konsultan tersebut harus berkonsultasi terlebih dulu dengan anda supaya mengetahui kebutuhan anda dan bisa membuat denah rumah sesuai dengan keingnan dan kebutuhan anda. Anda harus cermat untuk memilih jasa konsultan atau arsitek dan memastikan hanya memilih yang terbaik. Anda bisa minta referensi dari rekan anda untuk mengetahui jasa konsultan atau arsitek yang kredibel. Sumber : http://rumahmodernterbaik.info/desain-rumah-sederhana-yang-indah/


Jangan lupa untuk mengecek hasil gambar denah rumah sederhana yang anda pesan dan teliti lagi untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Denah rumah sederhana harusnya tidak hanya memberikan gambar denah rumah saja akan tetapi juga ukuran-ukuran yang detil pada masing-masing bagian rumah. Dengan demikian anda bisa memperkirakan luasan masing-masing ruangan di dalam dan di luar rumah anda dan berapa sisa lahan terbuka yang tersisa.
Lebih baik lagi apabila anda meminta denah rumah sederhana tersebut lengkap dengan gambar atau dengan format 3D sehingga anda mendapat gambaran yang lebih akurat dan jelas. Anda bisa saja merevisi denah rumah apabila tidak sesuai dengan keinginan anda dan memang lebih baik mengganti gambarnya sebelum rumah terlanjur dibangun.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar